a) Kemampuan verbal, yang meliputi:
i. Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;
ii. Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan
iii. Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.
b) Kemampuan numerik, yang meliputi:
i. Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana;
ii. Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka;
iii. Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan
iv. Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.
c) Kemampuan figural, yang meliputi:
i. Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;
ii. Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
iii. Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.
TES SERI NUMERIK
A. Isilah titik-titik yang kosong sesuai dengan seria angka dan huruf yang ditentukan.
1. 10, 12, 14,14,18, ...
a. 18
b. 16
c. 8
d. 24
e. 32
2. 123, 345, 567, ...
a. 232
b. 834
c. 190
d. 789
e. 678
3. 12, 10, 14, 8, 18, 6, ...
a. 18
b. 12
c. 26
d. 25
e. 28
4. 70, 63, 56, 49, ...
a. 41
b. 32
c. 30
d. 36
e. 42
5. 1, 3, 7, 13
a. 21
b. 33
c. 11
d. 12
e. 20
6. 9,9,9,6,9,3, ...
a. 6
b. 3
c. 9
d. -3
e. 0
7. C B A P Q F E D R S ...
a. H
b. I
c. T
d. U
e. G
8. A N C P F S J ...
a. W
b. X
c. T
d. U
e. V
9. C F J O U
a. T
b. A
c. V
d. W
e. X
10. A K C E O G
a. M
b. N
c. O
d. P
e. F
B. Jawablah pertanyaan berikut ini.
11. Jika x=px1x1 dan y=p+1+1 , maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
12. Jika x= rusuk sebuah kubus yang isinya = 125 cm3 dan y =sisi miring segitiga siku- siku yang panjang kedua sisinya yang luar 3 cm dan 4 cm, maka ..
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
13. Jika x= luar bujur sangkar yang panjang sisinya = 10cm dan y=luas lingkaran yang garis tengahnya = 10 cm, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
14. Jika p= 3, q=1 dan x=pV64 , serta y=pq +q3 , maka
a. X=y
b. X>y
c. X<y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
15. Jika Sumantri berjalan menempuh jarak 2/5 km dalam 6 menit, berapakah kecepatan rata-rata perjalanan Sumantri?
a. 4 km/jam
b. 4,2 km/jam
c. 4,5 km/jam
d. 4,8 km /jam
e. 5 km/jam
16. Seorang mahasiswa telah menyelesaikan 124 KS dengan indeks prestasi komulatif 3,20. Semester ini dia memgambil 16 SKS. Berapakah indeks prestasi yang harus dia capai semester ini agar indeks prestasi komulatifnya sebesar 3,25?
a. 3,64
b. 3,68
c. 3,70
d. 3,74
e. 3,80
17. Jika x adalah sisi bujur sangkar yang luasnya = 100, dan y adalah sisi panjang sebuah empat persegi panjang yang luasnya = 100 dan sisi pendeknya = 5 berapakah xy?
a. 80
b. 100
c. 200
d. 250
e. 300
18. Jika tabung P tingginya dua kali tabung Q dan panjang jari-jarinya setengah dari panjang jari-jari tabung Q, berapakah perbandingan isi tabung P terhadap isi tabung Q?
a. 1:4
b. 1:2
c. 1:1
d. 2:1
e. 4:1
19. Seorang berjalan dari titik A ke timur sejauh 4 m lalu ke selatan sejauh 3 m, sampai ke titik B, lalu ke timur sejauh 3 terus ke selatan sejauh 5 m, sampai ke titik C, terus ke selatan sejauh 7 m sampai ke titik D. Berapakah panjang ABCD?
a. 17, 87 m
b. 18:49m
c. 18,85 m
d. 17,00 m
e. 19,40 m
20. Jika x adalah bilangan positif terkecil yang habis dibagi 14 dan 21 dan y adalah bilangan positif terkecil yang habis dibagi 14 dan 28, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
21. Jika x = berat total k kotak yang masing-masing beratnya 1 kg. Y berat total 1 kotak yang masing-masing beratnya k kg, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
22. Jika x=V72 – V78 dan y=1/74 – 1/76, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
23. Jika x=selisih umur Tuti dan umur ayahnya sekarang, dan y=selisih umur kedua orang itu 5 tahun yang lalu, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
24. Jika harga y terletak di antara harga x dan z, dan x<z, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
25. Jika x adalah bilangan positif terkecil yang habis dibagi 14 dan 21 dan y adalah bilangan positif terkecil yang habis dibagi 14 dan 28, maka
a. x>y
b. x<y
c. x=y
d. Hubungan anta x dan y tak dapat ditentukan
KUNCI JAWABAN:
Nah, demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Contoh Soal NUMERIK dan ARITMATIKA Beserta Jawabannya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan dapat membantu apa yang sedang kalian cari, Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih.
Share This :
comment 0 Comments
more_vert